siaga kali code

kali atau sungai code yang membelah kota jogja akhir-akhir ini sering meluap ke pemukiman penduduk. ini perlu penanganan yang tepat, bila kita melihat aliran lahar dingin yang begitu besarnya, dengan membawa material yang tidak sedikit pula, harus cepat dan tanggap bagi pemerintah kota yogyakarta. memang di sebelah utara jembatan kewek telah disiagakan ekscavator untuk mengeruk pasir, akan tetapi bisa dikatakan kurang memadai untuk aliran lahar dingin disepanjang kali tersebut.

perlu diketahui juga, aliran ini baru dari anak-anak sungai yang menyatu dengan kali code ini, tetapi inti dari hulu kali code, yang terkenal dengan kali boyong masih tersimpan berjuta-juta meter kubik lahar dingin, yang sewaktu-waktu bisa menimbun sepanjang aliran sungai code.

disini perlu ketanggapan untuk segera mengeruk sepanjang aliran, kalau dirasa peralatan dari pemerintah kota kurang, dapat juga meminta bantuan dari pemerintah provinsi atau dengan instansi terkait, seperti instansi pekerjaan umum yang mempunyai alat-alat yang memadai.

sigap, tanggap dan cepat yang diperlukan masyarakat khususnya yang ada di bantaran atau tepi aliran sungai code. semoga saja di respon secepatnya oleh pihak terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar