pemanfaatan air hujan


melihat banjir dimana-mana, air hujan menggenang di berbagai tempat, membuat tim berfikir, kenapa air yang melimpah ruah ini tidak dipergunakan dan dibuang dengan percuma.

bila ditilik dan diperhatikan, banyak daerah-daerah yang kekurangan air bersih, di tempat kita air cuma dibuang-buang, rasanya mubazir sekali. tetapi memang pemanfaatan air hujan memerlukan biaya yang tidak sedikit, tetapi mengingat kalau kita kekurangan, biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan air bersih tersebut jauh lebih tinggi.

sebagai contoh, air hujan dimanfaatkan untuk mengganti atau menambahi volume air pada kolam lele di samping rumah. karena air kolam lele biasanya tidak mengalir dan lama-kelamaan air menjadi bau. dengan pemanfaatan air hujan ini, sedikit banyak bisa mengurangi pemakaian air sumur atau pam untuk mengganti air kolam lele tersebut.

caranya, dengan mengalirkan air hujan dari genting rumah kita dengan mempergunakan talang air yang bisa terbuat dari seng, pvc atau yang permanen, dengan talang beton permanen ke dalam kolam lele. aliran air dari talang tersebut kita masukkan ke kolam, dan air luberan kolam tersebut bisa kita masukkan ke sumur resapan, yang dimaksud sumur resapan ini bukan resapan dari sapitank, tapi sumur yang didesain untuk meresapkan air hujan. sumur resapan ini berguna untuk menyimpan air di dalam tanah sekitar rumah kita, sehingga pasokan air bersih dari sumur kita dapat terjaga kelestariannya.

manfaatkan sekarang air yang dibuang percuma, untuk nanti dan masa kedepannya.